My Diary.
to Share my Life Events

BBG PERTAMINA CNG ATAU LVG (VI-GAS)

BBG PERTAMINA  CNG ATAU LVG (VI-GAS)

Masuk tahun 2012 Pemerintah Indonesia sedang berencana membatasi penggunaan Subsidi BBM dengan cara semua mobil pribadi menggunakan Pertamax atau BBG. Sedangkan sepeda motor dan angkutan umum masih diperbolehkan menggunakan Premium yang disubsidi dengan harga Rp. 4.500/liter ditengah naikkannya harga minyak dunia yang lebih dari USD 100/Barrel.
Rencana Pemerintah ini mendapat sosotan tajam dari DPR atas upaya paksa penggukanan Pertamax atau BBG tersebut. Tulisan ini hanya memberikan uraian teknis bahan bakar tersebut. Kita kenalkan dulu jenis-jenis Gas dipasaran.
1. LPG (Liquid Petroleum Gas)
2. LVG (Liquid Gas for Vehicle): (Vi-gas: Pertamina)
3. LNG (Liquified Natural Gas)
4. CNG ( Compressed Natural Gas)
Keempat jenis Gas tersebut yang digunakan untuk keperluan bahan bakar mobil (transportasi) adalah LVG dan CNG.
Gas alam terkompresi (Compressed natural gas, CNG) adalah alternatif bahan bakar selain bensin atau solar. Di Indonesia, kita mengenal CNG sebagai bahan bakar gas (BBG). Bahan bakar ini dianggap lebih 'bersih' bila dibandingkan dengan dua bahan bakar minyak karena emisi gas buangnya yang ramah lingkungan. CNG dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam. CNG disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan, biasanya berbentuk silinder.
LGV berbahan dasar  LPG  yang disesuaikan secara  khusus  untuk kendaraan dengan komposisi  59%  propana dan 41% butana dengan  nilai oktan  yang tinggi. Adapun  sejumlah perbedaan spesifik  antara  CNG  dan  LGV dapat diuraikan, sebagai berikut :

a. Untuk  ukuran tabung yang  relatif  sama seperti yang  sekarang dipergunakan menampung 15-17 LSP CNG, dapat memuat 40 LSP LGV.

b. Waktu pengisian tabung dimaksud butir a adalah ± 5 menit untuk 17 LSP CNG, dan untuk LGV hanya membutuhkan waktu ± 2 menit untuk 40 LSP
LGV.
c. Investasi SPBG (untuk CNG) saat ini membutuhkan dana sebesar ± Rp. 6 milyar sementara untuk SPBE (untuk LGV) hanya sebesar ± Rp. 500 juta dimana biaya pengoperasiannya sendiri, untuk SPBE mencapai angka 90%
lebih murah dibanding dengan SPBG.
d. Luas lahan yang dibutuhkan untuk sebuah SPBE adalah sebesar 30% dari areal yang diperlukan untuk sebuah SPBG.
Saat Ini Per Januari 2012 Harga LVG Rp. 5.600/liter setara premium dan CNG Rp. 4.100/liter setara premium. Sadangkan Pertamax Rp. 8.550/liter dan Pemium subsidi Rp. 4.500/liter.
Dengan data tersebut pilihan masyarakat akan lebih pas jika, keunggulan dan resiko masing-masing produk dijelaskan tanpa ada yang ditutupi.
Power Maker Power Maker Author

Submenu Section

Labels

Social Icons

Wikipedia

Hasil penelusuran

Translate

Google+ Followers

Popular Posts

Become a Fan

Kunjungan

Image Credits

header-menu

video

Labels

Chat

Flickr Images

Social

nocopy



Diesel with Fire Blast & Oil Active Technology

Popular Posts

About me

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Labels

Popular Posts