My Diary.
to Share my Life Events

Knocking, atau Mesin Ngelitik


Engine knocking  atau detonasi atau dikenal juga dengan istilah mesin ngelitik adalah peristiwa terbakarnya bagian-bagian yang belum di kenai oleh percikan api busi dalam ruang pembakaran. Terbakarnya bagian-bagian yang belum dikenai api ini berlangsung sangat cepat dan menyebabkan kenaikan tekanan yang sangat tinggi.
Dari kejadian tersebut menyebabkan mesin putaran mesin menghasilkan bunyi ngelitik yang berasal dari kompartemen mesin dan tentunya bisa sangat mengganggu ketika berkendara. Namun masih banyak yang meremehkan apabila mesin terdengar ngelitik, padahal hal ini tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan kerusakan yang cukup fatal pada mesin.
Cara mengenali suara ngelitik pada mesin mobil yang menggunakan transmisi manual, gampang. Jalankan mobil dengan pelan, lalu pasang gigi pada posisi tinggi apalagi jika dilakukan percepatan tiba-tiba, maka bunyi asing yang muncul mesin disebut ngelitik.
Dalam bahasa umum, terjadinya ngelitik bisa disebutkan banyak penyebab seperti piston head atau ruang bakar yang kotor. Namun secara teknis, ngelitik terjadi karena prestasi kerja mesin yang tidak maksimal akibat sistem pembakaran berlangsung tidak sempurna.
Selain karena ruang bakar atau kepala piston yang kotor, pembakaran yang terjadi tidak sempurnya yang menyebabkan mesin ngelitik pada mesin mobil, paling sering disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. AKIBAT CARA MENGENDARA YANG SALAH; Perlakuan terhadap mobil yang salah seperti memasang posisi gigi yang tidak seimbang dengan kecepatan mobil, kebiasaan menambah kecepatan mobil secara tiba-tiba, atau memberikan beban di luar kemampuan mesin.
Mengatasinya: Pelajari dan patuhi cara memperlakukan mobil atau mengemudi dengan cara yang baik dan benar.

2. AKIBAT SISTEM KELISTRIKAN RUSAK; Terjadi masalah pada sistem pengapian atau kelistrikan di antaranya kepala distributor yang rusak atau kotor, ada kabel busi rusak, atau terdapat satu atau dua busi tidak berfungsi dengan baik (tidak semua mobil memiliki komponen ini).
Mengatasinya: Jika kepala distributor kotor, maka cukup dibersihkan dengan amplas halus, jika ada kabel busi tidak menghantarkan listrik maka kabel itu harus diganti, demikian pula terhadap busi yang rusak.
Mengindentifikasi kabel busi mana yang rusak, lepas semua kabel busi dari busi juga kepala busi, lalu arahkan ujung kabel busi tadi ke body mesin dan stater mesin sambil memperhatikan apakah ada lompatan api atau tidak. Pada kabel busi yang tidak terjadi lompatan api, berarti rusak.
Sedang untuk mengidentifikasi busi yang rusak, dilakukan dengan cara yang sama, bedanya hanya membuka busi dari mesin lalu pasang kepala busi dan hubungkan dengan kabel busi lalu lakukan lagi hal yang sama. Pada busi yang tidak terjadi loncatan api berarti rusak.

3. AKIBAT MEMAKAI BBM YANG BURUK; Pemakaian bahan bakar buruk atau BBM dengan nilai oktan yang terlalu rendah. BBM buruk juga sering terjadi karena penjual yang nakal dengan mencampur bensin dengan minyak tanah.
Mengatasinya: Jika sudah terlanjur telah mengisi tangki dengan BBM yang buruk, maka tidak perlu membuang BBM itu. Mengatasinya cukup dengan mengisi lagi dengan BBM ber-oktan tinggi seperti Pertamax atau yang setara dengan volume yang cukup.
Bila mesin masih juga ngelitik, langkah berikutnya bisa dilakukan dengan membeli bahan menambah nilai oktan yang biasa dijual di bengkel-bengkel atau di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tertentu. (yulham)
Apabila kejadian mesin ngelitik dibiarkan dalam jangka waktu lama hingga bunyinya bertambah parah, maka biasanya pada ujung piston / silinder akan ada bopel-bopel dan bahkan bisa sampai piston tersebut bolong. Untuk itu kiranya SO mania perlu mengetahui penyebabnya dan bagaimana perawatan yang harus dilakukan agar mesin mobil menjadi awet dan tidak terjadi yang namanya mesin ngelitik.

Penyebab mesin ngelitik (Engine Knocking )
Banyak faktor yang dapat menyebabkan mesin ngelitik, diantaranya adalah karena faktor penggunaan jenis bbm yang tidak tepat, karena seharusnya mobil tersebut menggunakan bbm dengan oktan tinggi tapi pengguna mobil tersebut menggunakan bbm dengan oktan yang berkadar rendah. Penyebab lain sehingga mesin menjadi ngelitik adalah karena ruang bakar yang sudah terlalu banyak kerak karbon.

Selain faktor bbm, setelan gigi timing yang tidak benar hingga membuat pembakaran atau faktor pengapian yang kurang bagus, akibat banyak bbm yang tidak terbakar dengan sempurna. Kalau hal ini dibiarkan secara terus menerus akan juga akan mengakibatkan mesin ngelitik serta penumpukan kerak karbon pada ruang bakar secara berlebih.

Hindari Dengan Tuning Engine
Jika memang mesin yang harusnya menggunakan bbm beroktan tinggi tapi tetap ingin menggunakan bbm beroktan rendah karena berbagai alasan, solusi yang bisa dilakukan biasanya adalah dengan melakukan pengunduran waktu pengapian agar tidak terjadi knocking. Hal ini dapat dilakukan tapi dengan kondisi seperti ini, konsekuensinya adalah tarikan mobil tidak dapat se-responsif ketika menggunakan bbm yang bagus dan waktu pengapian yang sesuai.

Apabila faktor pengapian yang menjadi penyebabnya, dapat menggunakan busi yang sesuai atau jika mau bisa menggunakan produk-produk yang dapat memperbesar atau memaksimalkan pengapian.

Carbon Clean atau Top Overhaul Jadi Solusi
Jika diperkirakan ruang bakar mesin sudah terdapat banyak kerak karbon yang menempel hingga mesin selalu ngelitik, maka langkah paling mudah yang dapat dilakukan untuk pembersihan adalah dengan memakai metode carbon clean.

Sebagai langkah terakhir yang dapat dilakukan apabila masalah mesin ngelitik semakin parah adalah harus dilakukan Top Overhaul (OH) yang mengharuskan mesin turun setengah. Jika melakukan hal ini, maka akan ada banyak bagian yang harus diganti dan yang sudah pasti harus diganti adalah packing cylinder head, seal klep, packing tutup klep (jika kondisi masih bagus bisa dipakai lagi), dan packing water pump.

Tapi sebisa mungkin apabila mesin harus mengalami Top OH, maka bagian packing atau seal bagian atas harus diganti. Sedangkan kalau untuk klep, rocker arm, suling klep, sitting klep, botol klep, sumpit klep, sims/coin klep dsb yang berbau metal harus dilihat kondisinya terlebih dahulu dan jika masih bagus tidak perlu mengalami penggantian.

Sumber: www.solusimobil.com
Power Maker Power Maker Author

Submenu Section

Labels

Social Icons

Wikipedia

Hasil penelusuran

Translate

Google+ Followers

Popular Posts

Become a Fan

Kunjungan

Image Credits

header-menu

video

Labels

Chat

Flickr Images

Social

nocopy



Diesel with Fire Blast & Oil Active Technology

Popular Posts

About me

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Labels

Popular Posts